I. PASAR
PERSAINGAN SEMPURNA (Bag 01)
1. Karakteristik
Pasar Persaingan Sempurna
a)
Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Yang
dimaksud dengan produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan
kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
b)
Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para
pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang
harga produk dan input yang dijual. Demikian halnya dengan perusahaan, hanya
akan menghadapi satu harga yang sama dari berbagai pemilik faktor produksi.
c)
Output Perusahaan Relatif Kecil (Small Relatively Output)
Semua
perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata
terendah), baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
d)
Perusahaan Menerima Harga Yang
Ditentukan Pasar (Price Taker)
Konsekuensi
dari asumsi ketiga adalah bahwa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan
pada harga yang ditetapkan pasar (price taker).
e)
Keleluasaan Masuk-Keluar Pasar (Free Entry and Exit)
f)
Pemikiran yang mendasari asumsi ini
adalah dalam pasar persaingan sempurna, faktor produksi mobilitasnya tidak
terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor
produksi.
Sumber buku : Teori Ekonomi Mikro Edisi ketiga
Penulis : Prathama Rahardja & Mandala Manurung
Bab : VIII
Hal : 165-178
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks for visit my blog ^_^