I.Pasar Persaingan Sempurna (Bag 02)
2. Permintaan
dan Penerimaan Dalam Pasar Persaingan Sempurna
a)
Permintaan
Tingkat
harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
b)
Penerimaan
Penerimaan
total (total revenue) perusahaan sama
dengan jumlah output (Q) dikali harga jual (P) . Karena harga telah ditetapkan,
penerimaan rata-rata (average revenue)
dan penerimaan marjinal (marginal revenue)
adalah sama dengan harga.
3. Keseimbangan
Perusahaan Dalam Jangka Pendek
Ada dua syarat yang
harus dipenuhi agar perusahaan berada dalam keseimbangan :
a)
Perusahaan sebaiknya hanya berproduksi,
paling tidak, bila biaya variabel (VC) adalah sama dengan penerimaan total
(TR), atau biaya variabel rata-rata (AVC) sama dengan harga (P).
b)
Perusahaan memproduksi pada saat MR = MC
agar perusahaan memperoleh laba maksimum atau dalam kondisi buruk, kerugiannya
minimum (minimum loss).
4. Kekuatan
Dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
a)
Kekuatan
Konsekuensi
model pasar persaingan sempurna bagi masyarakat adalah pasar ini memberikan
tingkat kemakmuran dan kenikmatan (utilitas hidup yang maksimal).
b)
Kelemahan
a. Kelemahan
dalam hal asumsi.
b. Kelemahan
dalam pengembangan teknologi.
c. Konflik efisiensi-keadilan.Sumber buku : Teori Ekonomi Mikro Edisi ketiga
Penulis : Prathama Rahardja & Mandala Manurung
Bab : VIII
Hal : 165-178
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks for visit my blog ^_^