Minggu, 14 April 2013

STRUKTUR PASAR (Bag.02)

I.Pasar Persaingan Sempurna (Bag 02) 

2.    Permintaan dan Penerimaan Dalam Pasar Persaingan Sempurna
a)         Permintaan
Tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh permintaan dan penawaran.
b)        Penerimaan
Penerimaan total (total revenue) perusahaan sama dengan jumlah output (Q) dikali harga jual (P) . Karena harga telah ditetapkan, penerimaan rata-rata (average revenue) dan penerimaan marjinal (marginal revenue) adalah sama dengan harga.
3.    Keseimbangan Perusahaan Dalam Jangka Pendek
Ada dua syarat yang harus dipenuhi agar perusahaan berada dalam keseimbangan :
a)         Perusahaan sebaiknya hanya berproduksi, paling tidak, bila biaya variabel (VC) adalah sama dengan penerimaan total (TR), atau biaya variabel rata-rata (AVC) sama dengan harga (P).
b)        Perusahaan memproduksi pada saat MR = MC agar perusahaan memperoleh laba maksimum atau dalam kondisi buruk, kerugiannya minimum (minimum loss).
4.    Kekuatan Dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna
a)         Kekuatan
Konsekuensi model pasar persaingan sempurna bagi masyarakat adalah pasar ini memberikan tingkat kemakmuran dan kenikmatan (utilitas hidup yang maksimal).
b)        Kelemahan
a.       Kelemahan dalam hal asumsi.
b.      Kelemahan dalam pengembangan teknologi.
                          c.       Konflik efisiensi-keadilan.

Sumber buku : Teori Ekonomi Mikro Edisi ketiga
Penulis           : Prathama Rahardja & Mandala Manurung
Bab               : VIII
Hal                : 165-178


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for visit my blog ^_^