Minggu, 14 April 2013

STRUKTUR PASAR (Bag.01)


I.     PASAR PERSAINGAN SEMPURNA (Bag 01)
1.    Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
a)         Homogenitas Produk (Homogeneous Product)
Yang dimaksud dengan produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
b)        Pengetahuan Sempurna (Perfect Knowledge)
Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual. Demikian halnya dengan perusahaan, hanya akan menghadapi satu harga yang sama dari berbagai pemilik faktor produksi.
c)         Output Perusahaan Relatif Kecil (Small Relatively Output)
Semua perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biaya rata-rata terendah), baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
d)        Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar (Price Taker)
Konsekuensi dari asumsi ketiga adalah bahwa perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar (price taker).
e)         Keleluasaan Masuk-Keluar Pasar (Free Entry and Exit)
f)         Pemikiran yang mendasari asumsi ini adalah dalam pasar persaingan sempurna, faktor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.



Sumber buku : Teori Ekonomi Mikro Edisi ketiga
Penulis           : Prathama Rahardja & Mandala Manurung
Bab               : VIII
Hal                : 165-178

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for visit my blog ^_^