welcome ....

welcome ....
myFamily

Selasa, 18 Maret 2014

Metode Ilmiah dalam Menjawab Pertanyaan - Pertanyaan Ilmiah (Bahasa Indonesia 2 : Tulisan 1)

Untuk mengetahui pemakaian metode ilmiah yang seperti apakah yang biasa digunakan untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan ilmiah, ada baiknya kita mengerti dahulu apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah dan bagaimanakah bentuk – bentuk pertanyaan ilmiah itu .
menggunakan metode ilmiah dalam menjawab suatu pertanyaan. Metode ilmiah ini secara singkat berarti membuat hipotesa, menguji hipotesa dengan mengumpulkan data untuk membuktikan/ menolak suatu teori, dan mengadakan eksperimen untuk menguji hipotesa tersebut.
Salah satu persoalan mendasar dan menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam penelitian adalah rumusan pertanyaan penelitian. Sebab, kualitas penelitian salah satunya sangat  ditentukan oleh bobot atau kualitas pertanyaan yang diajukan. Tetapi kenyatannya berdasarkan pengalaman mengajar matakuliah metodologi penelitian, membimbing dan menguji skripsi, tesis, dan disertasi selama ini, masih terdapat banyak persoalan terkait rumusan pertanyaan penelitian.
·         Latar Belakang Peneliti Harus Menggunakan Metode Ilmiah Dalam Menjawab Pertanyaan-pertanyaan Ilmiah
Setiap manusia tidak akan pernah lepas dengan ada nya permasalahan dalam hidupnya. Menurut saya pribadi permasalahan itu terbagi dalam 2 jenis :

1.      Permasalahan yang dapat diselesaikan tanpa harus diadakan penelitian,karena permasalahan ini dapat diselesaikan secara langsung dengan musyawarah atau pun diskusi.

2.      Permasalahan yang harus diselesaikan dengan menlakukan penelitian terlebih dahulu. Karena permasalahan ini tidak dapat diselesaikan secara langsung,dan memerlukan kajian-kajian teori atau bukti-bukti yang jelas untuk memperkuat hasil penelitian.

Seseorang yang ingin melakukan sebuah penelitian biasanya disebut dengan peneliti. Sedangkan responden adalah pihak-pihak yang dijadikan peneliti sebagai subjek atau sampel penelitian. Dalam melakukan penelitian, seseorang tidak bisa meneliti dengan sembarangan. Peneliti haruslah meneliti dengan mengikuti prinsip-prinsip ilmiah yang sudah ditetapkan. Tujuannya adalah agar peneliti dalam melakukan penelitian tidak keluar dari aturan ilmiah, sehingga hasil penelitian dapat berguna dan bermanfaat dengan baik untuk orang lain. Inilah yang menjadi latar belakang peneliti harus menggunakan metode ilmiah, karena dengan menggunakan metode ilmiah permasalahan yang harus diselesaikan dapat ditemukan solusi guna menjawab pertanyaan-pertanyaan ilmiah yang ada.
·         Metode
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan. 
·         Pengertian Metode Ilmiah
Metode ilmiah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Ilmuwan melakukan pengamatan serta membentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam. Prediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis tersebut diuji dengan melakukan eksperimen. Jika suatu hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis tersebut dapat menjadi suatu teori ilmiah.
·         Pertanyaan ilmiah
Pertanyaan ilmiah adalah pertanyaan yang dapat mengarahkan pada kegiatan penyelidikan terhadap objek pertanyaan.
·         Metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan ilmiah
Dari pengertian pengertian yang telah kita bahas di atas dapat disimpulkan metode ilmiah biasa digunakan oleh para ilmuwan sebagai alat untuk manjawab berbagai macam pertanyaan ilmiah. Metode ilmiah sendiri membuat kita berfikir untuk mendapatkan cara penyelesaian yang mungkin terhadap suatu masalah.


SUMBER :



http://ruth-apriyana.blogspot.com/2014/03/tulisan-2-bahasa-indonesia-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for visit my blog ^_^