OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar
yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk
mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafiskomputer 2D maupun3D. Antarmuka
terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan
untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk
primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada
tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi
ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan
dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows
platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium
nirlaba yaitu Khronos Group.
Fungsi dasar dari OpenGL adalah untuk mengeluarkan koleksi
perintah khusus atau executable ke sistem operasi. Dengan demikian, program ini
bekerja dengan perangkat keras grafis yang ada yang berada pada hard drive atau
sumber tertentu lainnya. Setiap perintah dalam dirancang untuk melakukan
tindakan tertentu, atau memulai efek khusus tertentu yang terkait dengan
grafis.
Membuat perintah dalam OpenGL dapat terjadi dalam dua cara
yang berbeda. Pertama, adalah mungkin bagi programmer untuk membuat dan
menyimpan daftar perintah yang dapat dieksekusi secara berulang. Ini adalah
salah satu cara yang lebih rutin untuk program interface yang digunakan.
Seiring dengan berkembangnya kelompok perintah yang kurang lebih permanen, maka
memungkinkan untuk membuat dan menjalankan salah satu perintah dalam
batas-batas waktu dari komputer grafis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
thanks for visit my blog ^_^